5 Kegiatan Ramadhan

Dhince25

May 11th, 2020

5 Kegiatan Ramadhan #dirumahaja

 

Bismillah, ahlan wa sahlan Sahabat.

Bagaimana kabarnya Sahabat? Puasanya lancarkan ya? Atau sudah ada hari yang diharuskan Sahabat tidak berpuasa? Untuk kaum hawa umunya jika sudah mengalami pubertas akan mengalami fase menstruasi. Walaupun sedang dalam fase menstruasi, in syaa Allah banyak kegiatan yang bermanfaat dan kita tetap bisa beribadah tuk lebih mendekatkan diri pada Allah subhanahu wa ta’ala ya Sahabat.

Untuk anak-anak bagaimana? Masih kuat ya puasanya? In syaa Allah belajar puasanya lancar ya 😊. Untuk para Bunda yang in syaa Allah dirahmati oleh Allah subhanahu wa ta’ala, tetap semangat ya Bun untuk menghadapi si kecil yang mungkin masih membujuk rayu untuk berbuka disaat siang hari. Terus diberi semangat si kecil dan sabar ya Bunda 😊.

Ramadhan 1441 Hijriah, bulan puasa pada tahun ini yang kita lalui cukup berbeda ya Sahabat. Jikalau tahun lalu, kita masih berkegiatan seperti biasa contohnya kerja di hari-hari puasa, memburu menu buka puasa di tempat-tempat yang sudah menjadi langganan, ataupun Sahabat yang suka berburu menu berbuka ke berbagai tempat diiringi mencari pengalaman untuk sholat di masjid baru yang terdekat dari tempat tersebut. Sholat tarawih berjamaah di masjid, para pemuda masjid membaca ayat-ayat Al-Qur’an selepas sholat tarawih, ramainya para remaja yang membangunkan saat sahur baik dari masjid atau berkeliling komplek perumahan, namun untuk kali ini hampir semua kegiatan tersebut teralihkan di rumah saja.

Alhamdulillah, berkegiatan dari rumah bukanlah suatu hal yang sulit bagi kita jika kita mau memperbanyak bersyukur dan dapat mengambil hikmah dari kondisi yang ada saat ini. Kebosanan, bisa saja melanda kita yang biasanya memiliki rutinitas di luar dan sekarang harusdari rumah semuanya. Maka dari kita ajak keluarga kita untuk melakukan kegiatan agar tidak terasa bosan.

Pada artikel kali ini saya akan berbagi rangkaian kegiatan apa saja yang bisa kita lakukan saat Ramadhan #dirumahaja. Yuk simak artikel ini 😊

5 Kegiatan Ramadhan 1441 H #dirumahaja

Tilawah Al-Qur’an

Kegiatan ini in syaa Allah bisa menjadi momen yang sangat baik untuk kita para Bunda yang memiliki kegiatan rutinitas bekerja di luar rumah. Momen ini sangat berharga bagi kita, kita bisa mengajarkan baca Al-Qur’an dan membersamai dalam kegiatan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an. Kita pun bisa sekaligus mentadabbur kandungan ayat suci Al-Qur’an serta kita juga bisa menyelipkan cerita tentang tokoh-tokoh yang disebutkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dalam Al-Qur’an seperti Ashabul Kahfi, Keluarga Imron, Luqman AL-Hakim dan masih banyak lainnya.

Kita bisa membuat target dalam sehari minimal membaca lima lembar atau bisa membuat target dalam satu bulan Ramadhan minimal kita mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an sekali dan lebih baik jika lebih. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara bergantian Ayah, Bunda, Kakak dan Adik membacanya satu per satu yang lainnya menyimak dan mengkoreksi bacaannya.

Kalau masih berdua dengan suami, masih tetap bisa kok tenang saja ya Sahabat. Saling menyimak, mengoreksi bacaan dan bisa juga saling berlomba untuk mengkhatamkannya. Hal ini tidak semata-mata membacanya dengan cepat, tanpa tartil, dan mengesampingkan adab-adab dalam embaca Al-Qur’an. Kita sangat dianjurkan berlomba-lomba dalam kebaikan.

Seperti firman Allah Ta’ala, yang artinya :

Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Rabbmu dan surga yang lebarnya selebar langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS. Al Hadiid: 21)

Ada tips lho Sahabat untuk mengkhatamkan membaca Al-QUr’an dalam sebulan. Bagaiamana caranya? Jadi Sahabat bisa membaca Al-Qur’an minimal 2 lembar (4 halaman) selepas waktu sholat wajib. in syaa Allah Sahabat akan khatam 1 kali dalam sebulan ini. Kalau mau lebih dari sekali khatam, maka Sahabat bisa melipatgandakan lembaran yang akan dibaca. Kemudian bisa juga ditambahkan kebiasaan membaca disetiap selepas sholat sunnah seperti sholat Dhuha, sholat Tahajjud dan sholat Isyraq.

Tarawih

Pada bulan Ramadhan ada ibadah yang berbeda dari bulan lainnya yaitu ibadah sholat Tarawih. Jikalau tahun sebelumnya biasa dilakukan berjamaah di masjid untuk kali ini, kita melakukannya di rumah bersama keluarga. Alhamdulillah, ibadah dari rumah memiliki hikmah yang sangat besar yaitu Bunda bisa mengajarkan anak-anak tentang sholat Tarawih, membersamai  agar mengenal keutamaan dan kekhusyukan sholat Tarawih, dan kemudian mengajak Ayah untuk evaluasi bacaan surat-surat yang dibacakan saat sholat Tarawih. Hal ini mengajak kita untuk menambah hafalan agar tidak hanya membaca 3 surat akhir di Al-Qur’an yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Untuk Sahabat yang masih berdua, in syaa Allah bisa makin khusyuk beribadahnya ya 😊

Membuat Menu Berbuka

Kegiatan yang satu ini bisa dijadikan kegiatan yang ampuh untuk mengisi waktu yang kosong menjelang buka puasa. Biasanya anak-anak sudah mulai merasakan perut yang lapar atau kerongkongan yang terasa kering, dan mulai membujuk rayu Bunda atau terus menanyakan kapan buka puasa. Nah, untuk menyemangati si kecil, kita melibatkannya untuk membuat menu kesukaan atau makanan yang sedang diinginkan untuk berbuka puasa nanti. Ketika Bunda, Ayah dan anak-anak membuat menu berbuka puasa bisa Bunda dan Ayah menyelipkan cerita atau pesan pembelajaran mengenai hidangan yang akan kita buat. Seperti perihal tidak menyia-nyiakan makanan yang telah dibuat bahwa banyak di luar sana masih banyak yang tidak memiliki dan mendapatkan makanan yang diinginkan, harus menahan lapar sampai waktu yang tidak bisa ditentukan kapan ada rejeki untuk membeli makanan, juga belajar mengenai cara membuat makanan yang ingin dibuat dari bahan, alat, bagaimana prosesnya sampai selesai pembuatan dan makanan tersaji.

Kajian online

Teknologi yang semakin canggih tidak membuat kita luput untuk mencari ilmu dan informasi melalui teknologi ini. Banyaknya aplikasi yang sangat bermanfaat, seperti whatsapp, zoom, Ms. Team dan lainnya yang bisa menyajikan video untuk pembelajaran di rumah dan dapat disaksikan oleh para Sahabat dari rumah masing-masing. Kita bisa mengikuti agenda kajian online baik dari aplikasi Instagram secara live atau dari Youtube. Banyak sekali akun Instagram yang memberikan agenda-agenda kajian yang bertemakan tentang ilmu agama Islam dari tentang puasa, sholat, zakat, haji, adab sehari-hari dan masih banyak lainnya. Salah satunya akun Instagram @Temanhijrah_ yang menyajikan kajian online di hari tertentu dan juga menyediakan layanan untuk bersama dalam menyemangati kegiatan di bulan puasa dengan gabung di grup whatsaap. 😊

Share kebaikan

Salah satu cara kita ikhtiar untuk mendapatkan pahala di bulan Ramadhan ini yaitu berbagi kebaikan. Banyak cara tuk berbagi kebaikan salah satunya yaitu menulis di blog. Setelah kita mengikuti kajian online, hasil rangkuman yang kita dapat bisa kita bagikan lalui tulisan kita dan dipercantik dengan gambar yang berisikan judul atau quote untuk para Sahabat pembaca. Hal ini bisa teman-teman share juga di Instagram agar Sahabat lainnya bisa berkunjung ke halaman blog Sahabat.

Nah, berikut 5 kegiatan yang bisa dilakukan selama Ramadhan #dirumahaja. Pasti masih banyak lagi kegiatan yang bisa Sahabat lakukan di rumah untuk mengisi waktu Ramadhan saat #dirumahaja. Sahabat, yang perlu dipahami yaitu bahwa kita melakukan kegiatan tersebut dengan senang hati agar sekeliling kita merasakan hal positif dari kita juga.
Apakah Sahabat punya ide kegiatan lainnya? Sahabat bisa tulis di kolom komentar atau bisa langsung kirim pesan lalui Instagram ya. Barakallahu fii kum.