Nyamuk Yang Menakjubkan

Serangga Dilihat 12848 Orang
Dhince25

18-04-2020 14:17:25

Sahabat ddo pasti kenal dengan serangga kecil yang bernama nyamukkan? Nyamuk adalah salah satu makhluk ciptaan Allah Subhanahu wa ta’ala yang sangat menakjubkan namun kadang kala dianggap remeh oleh kita sebagai manusia. Ketika nyamuk ada disekeliling kita seringkali kita gusar dan marah, karena kadang kala nyamuk menghisap darah yang ada di tubuh kita dengan menusukkan mulutnya dan itu terasa cukup sakit dan menimbulkan sensasi gatal selepas itu.

Yuk kita kenal lebih dalam ciptaan Allah Subhanahu wa ta’ala yang menakjubkan ini.

Klasifikasi Nyamuk

Nyamuk merupakan golongan dari serangga yang masuk ke dalam ordo Diptera, memiliki 110 genera diantaranya yang sering kita dengar atau kita baca di artikel, selembaran mengenai wabah demam berdarah atau lalui social media seperti Anopheles, Culex, Psophora, Ochlerotatus, Aedes, Culista, Haemagoggus dan masih banyak lainnya. Dari 110 genera diketahui bahwa terdapat kurang lebih 3500 spesies nyamuk di dunia. Nyamuk adalah makhluk hidu yang sangat penting di bidang medis dan kedokteran hewan terutama karena perannya sebagia vektor untuk penularan sebagai penyakit (virus, bakteri, dan parasite). Sungguh menakjubkan bukan sahabat?

Klasifikasi nyamuk yaitu :

  • Kingdom    : Animalia
  • Filum        : Arthropoda
  • Kelas        : Insecta
  • Ordo        : Diptera
  • Famili       : Culicidae

Morfologi Nyamuk

Nyamuk memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, memiliki kaki panjang dan merupakan serangga yang memiliki sepasang sayap sehingga tergolong pada Ordo Diptera dan Famili Culicidae. Tubuh nyamuk terdiri atas tiga bagian yaitu kepala, dada dan perut. Nyamuk jantan berukuran lebih kecil dari pada nyamuk betina.

Pada bagian kepala nyamuk terdapat sepasang antena berbentuk filiformi yang panjang dan langsung serta jika Sahabat melihatnya dibawah mikroskop didapatkan kenampakan lima belas segmen pada antenanya. Antena dapat digunakan sebagai pembeda antara jantan dan betina saat fase dewasa. Pada antena terdapat bulu yang dimana bulu antena nyamuk jantan lebih lebat yang disebut plumose dan pada nyamuk  betina  lebih sedikit jumlahnya dan disebut pilose. Diantara antena dan proboscis nyamuk terdapat organ yang bernama palpus yang berfungsi untuk mendeteksi karbondioksida dan kelembaban.

Bentuk mulut nyamuk termodifikasi untuk menusuk. Nyamuk Betina bagian mulutnya memiliki proboscis yang panjang dan runcing untuk menembus kulit mangsanya, hal ini diperuntukkan untuk menghisap darah mangsanya. Karena nyamuk betina memerlukan protein untuk pembentukan telur. Pada nyamuk betina memiliki rambut halus yang pendek dan jarang. Nyamuk jantan bagian mulut probosisnya tidak disesuaikan untuk menghisap darah.

Sayap pada nyamuk betina bagian tepi yang bersisik yang berkelompok membentuk gambaran belang-belang hitam dan putih. Bagian ujung sayap tumpul. Pada bagian perut nyamuk terdiri sepuluh segmen, biasanya yang terlihat pada segmen pertama sampai segmen delapan, kemudian segmen-segmen terkahir termodifikasi menjadi alat reproduksi yang disebut cerci.


Kebiasaan Makan Nyamuk

Keberagaman nyamuk mempengaruhi beragamnya kebiasaan makan mereka lho teman-teman. Kebiasaannya terbagi menjadi 5 ragam yaitu :

  1. Antropofagik/Antropofilik yaitu nyamuk yang lebih suka menggigit manusia.
  2. Zoophagic/zoophilic yaitu nyamuk yang hewan lainnya.
  3. Endophagic yaitu nyamuk yang menggigit di dalam rumah.
  4. Endofilik yaitu nyamuk yang beristirahat di dalam ruangan setelah menghisap darah, kemudian mencerna makanannya, dan menunggu telurnya matang.
  5. Exophagic yaitu nyamuk yang beristirahat di luar rumah setelah menghisap darah, kemudian mencerna makanannya, dan menunggu telurnya matang.

Perlu sahabat ketahui bahwa nyamuk mengambil makanan (berupa darah) dari inangnya yang tergolong hewan berdarah panas (homoiterm) contohnya seperti sapi, babi, burung dan manusia. Adapun contoh inangnya yang tergolong hewan berdarah dingin (poikiloterm) yaitu katak, kadal, ular, nimfa serangga dan kepompong. Hal ini sangat bervariasi, tergantung spesies nyamuk dan ketersediaannya.

Kira-kira sahabat tahunya nyamuk menggigit pada siang atau malam hari?? Kalau ddo sering menjumpai nyamuk berkativitas pada malam hari. Dan ternyata ada 3 kategori utama waktu atau jam nyamuk mencari makan yaitu :

a. Pada malam hari (nokturnal), jika nyamuk banyak mencari makan pada malam hari kemungkinan besar spesies yang termasuk dalam kelompok ini yaitu spesies Aedes  dan Mansonia africana.
b. Pada siang hari (diurnal), jika nyamuk makan pada siang hari sebagian besar ada spesies dari Aedes apicoargenteus dan Aedes longipalpis.
c. Pada senja hari (crespucular), jika nyamuk makan pada saat senja atau subuh sebagian besar yang beraktivitas termasuk kedalam spesies Aedes africanus dan Anopheles gambiae.


Siklus Hidup Nyamuk

Nyamuk termasuk serangga yang mengalami metamorphosis sempurna (holometabola), karena mengalami empat tahap perubahan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Tahapan yang dialami oleh nyamuk yaitu telur, larva, pupa dan dewasa. Telur nyamuk akan menetas menjadi alrva dalam waktu 1 – 2 hari dengan kondisi suhu 20O – 40OC. Laju pertumbuhan dan perkembangan nyamuk dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu suhu, lingkungan, keadaan air dan kandungan zat makanan yang ada ditempat perindukan.

Pada kondisi yang optimal, fase larva dapat berkembang menjadi pupa dalam kurun waktu 4 – 9 hari, di daerah beriklim tropis, larva pertumbuhannya bisa dalam waktu yaitu 7 – 10 hari. Jika di daerah dingin mungkin akan membutuhkan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Nyamuk meletakkan telurnya di tempat yang berair, jika telur diletakkan dikondisi yang kering telur akan rusak dan mati. Kebiasaan meletakkan telur dari nyamuk berbeda – beda tergantung dari jenisnya, seperti nyamuk Anopheles meletakkan telurnya dipermukaan air satu persatu atau bergerombol tetapi saling lepas karena telur Anopheles mempunyai alat pengapung. Telur nyamuk Anopheles berwarna hitam dan disimpan pada substrat yang lembab. Larva nyamuk Anopheles tidak memiliki siphon (tabung pernapasan) dan berbaring sejajar dengan permukaan air tempat mereka bernafas dan makan. Mereka hanya turun ketika mereka terganggu.

Sedangkan telur nyamuk spesies Culex berwarna kecoklatan dan diletakkan tegak dan menyatu satu sama lain, sehingga membentukl rakit telut yang mengapung di permukaan air. Untuk larva Culex memiliki beberapa pasang rambut pada organ (tabung) pernapasannya, yang panjang dan ramping, sedangkan larva Aedes memiliki tabung pernapasan yang pendek dan kokoh dilengkapi dengan satu  pasang jumbai rambut. Pupa berkembang di daerah yang akuatik. Pupa menjadi dewasa dalam waktu 2 – 3 hari sehingga waktu yang dibutuhkan dari fase telur sampai fase dewasa yaitu 7 – 14 hari.


Evolusi Nyamuk

Nyamuk adalah hama manusia dan hewan seluruh dunia. Fosil nyamuk yang ditemukan berumur sekitar 50 juta tahun. Naymuk memiliki banyak waktu untuk beradaptasi dengan manusia seiring berkembangnya kondisi bumi.

Distribusi Nyamuk

Kegiatan perpindahan populasi nyamuk biasanya melalui perjalanan beberapa ratus meter dari tempat mereka tumbuh dan berkembang. Secara umum diasumsikan bahwa nyamuk tidak terbang lebih jauh dari 2 kilometer,  biasanya persebarannya dibantu oleh angin, kadangkala persebaran dapat terjadi dibantu oleh kereta api dan pesawat terbang juga. Tahukah sahabat bahwa populasi nyamuk tersebar luas di seluruh dunia? Nyamuk dapat ditemukan di ketinggian lebih dari 4700 meter dan dapat ditemukan pula di kedalaman 1250 di bawah permukaan laut (biasanya daerah pertambangan).

Cakupan spesies nyamuk dapat ditemukan pada area garis lintang beriklim tropis sampai area kutub baik kutub utara maupun kutub selatan. Di Antartika ditemukan spesies nyamuk tanpa sayap lho sahabat. Adapun beberapa pulau ditemukan tidak adanya Kehidupan dari populasi nyamuk yang dimungkinkan karena belum adanya campur tangan manusia ataupun pembukaan lahan yang menjadikan area tersebut jadi lebih modern. Nyamuk pada umumnya adalah serangga pada iklim tropis.


Bagaimana Sahabat sungguh menakjubkan bukan? Ciptaan Allah yang sangat kecil, yang kadang tidak terlalu jelas tertangkap oleh mata kita pergerakannya memiliki sebegitu banyak ilmu yang bisa kita dapatkan. Karenanya, Allah tidak segan menggunakan nyamuk sebagai perumpamaan.

Dahulu orang-orang Yahudi suka menghina ayat-ayat Allah Subhanahu wa ta’ala yang mengandung perumpamaan binatang-binatang kecil seperti laba-laba, lalat dan nyamuk. Orang-orang Yahudi memang tidak mau meyakini ayat-ayat Al-Qur’an. Namun, ketika ditantang untuk menunjukkan kelemahan AL-Qur’an, mereka tidak mampu dan tidak akan bisa. Karena tidak ada satu ayat pun dari Al-Qur’an yang diragukan kebenarannya. Mereka pun tidak kuasa membuat satu ayat pun yang menandingi Al-Qur’an. Mereka pun lebih senang menertawakan ayat-ayat tentang nyamuk, lalat dan semacamnya yang mereka anggap remeh.

Padahal, nyamuk adalah makhluk yang luar biasakan ya sahabat? Dengan tubuh kecil dan sayap tipis, nyamuk mampu terbang jauh. Nyamuk melawati hidupnya dengan bermacam bentuk, mulai dari telur, larva, kepompong hingga nyamuk dewasa. Terlihat kecil dan lemah, ternyata nyamuk mampu meyakini manusia. Dengan moncongnya yang tajam, nyamuk bisa menembus kulit manusia dan hewan untuk menghisap darah, sembari mengeluarkan racun yang membuat kulit menjadi gatal.

Meskipun terlihat sama, namun nyamuk ada bermacam jenisnya. Beberapa jenis nyamuk mampu menyebarkan penyakit. Ada nyamuk Aedes yang menyebarkan virus penyakit demam berdarah dan virus zika. Nyamuk Anopheles yang menyebarkan penyakit malaria. Ada nyamuk Culex yang bisa menyebarkan cacing filaria penyebab penyakit kaki gajah dan virus Enchepalitis.

Jika Allah berkehendak, manusia tidak akan mampu melawan nyamuk. Cukup perintahkan nyamuk untuk menyebarkan penyakit. Karenanya orang-orang beriman pasti meyakini ada hikmah dri penciptaan nyamuk. Perumpamaan dari ayat-ayat Al-Qur’an menjadi pelajaran berharga bagi orang-orang berakal.

Dari nyamuk, manusia bisa belajar untuk menjaga kebersihan lingkungan agar nyamuk tidak leluasa berkembangbiak. Sehingga manusia dapat terhindar dari penyakit.

Dari nyamuk, manusia bisa meneliti obat apa yang pas untuk penyembuhan penyakit-penyakit akibat nyamuk. Dari nyamuk pula, manusia bisa merenungi kehebatan ciptaan Allah. Nyamuk yang bertubuh kecil ternyata memiliki kemampuan terbang yang luar biasa, memiliki teknik menghisap darah yang sangat rumit dan hebat, serta memiliki indera yang luar biasa.

Divisi Antocerotophyta

Divisi Glaucophyta