5 Hal yang Kakak Guru Harus Tahu

Untuk Guruku Dilihat 18078 Orang
Dhince25

18-04-2020 14:44:49

Ahlan wa sahlan kakak pendidik!
Kakak pernah nggak ditegur sama siswanya di kelas?
Padahal menurut Kakak tidak ada hal yang salah dengan apa yang Kakak lakukan.
Tapi, ada beberapa hal yang tanpa kita sadari itu beberapa kebiasaan yang tidak baik Kakak Guru lakukan dalam kelas.
Apa saja sih hal tersebut?

Nah, kali ini saya akan berbagi tentang lima kebiasaan buruk yang tidak boleh dilakukan guru.
 

1. Lupa dengan Nama-nama Siswa
Hayooo siapa dari Kakak Guru disini yang belum hafal dengan nama-nama siswanya??
Hal ini fatal banget nih Kak guru jika tidak menghafal nama-nama siswanya. Pada umumnya Kakak Guru memiliki waktu maksimal 2-3 pekan untuk bisa menghafal seluruh nama siswanya. Ini penting banget lho! Siswa suka sekali jika gurunya hafal nama dia. Apalagi tahu nama panggilan akrabnya. Dengan begitu, siswa akan merasakan adanya kedekatan dengan gurunya tersebut.

2. Telat Masuk ke Kelas

Pastinya diantara Kakak Guru semua pernah yang menghukum siswa yang telat masuk ke dalam kelas. Biasanya sudah ada kesepakatan jika telat masuk eklas akan dihukum seperti murojaah , menulis di papan tulis, menjawab pertanyaan atau me-review materi hari kemarin.
Nah, bagaimana jika Kakak Guru yang telat masuk kelas?  Pastinya ini cukup fatal. Yuk Kakak Guru tanamkan midset“Jika saya telat masuk kelas, maka saya sudah membuang menit menit hak siswa. Nanti, akan Allah tagih di akhirat kelak.” Maka, guru harus tepat waktu datang ke kelas, bukanlah lagi sekadar peraturan saja.

Nah, seandainya ada alasan syar’i yang menyebabkan guru telat datang ke kelas, biasakan ucapkan kata maaf dan beritahu alasannya ke siswa. Itu penting lho sebagai bentuk penyesalan kita.

3. Membalas Chat Ataupun Membuka Notif di HP Ketika Mengajar

Sekarang kita ada di masa dimana teknologi sangat canggih. Kita bertukar informasi bisa lalui pesan singkat yang sangat cepat dan memudahkan terlebih mengenai jarak. Tapi, kadanga kala kita terlupa dengan batasan-batasan yang ada dalam menggunakan HP. Jujur saya masih sering buka HP. Dengan alasan untuk melihat jam, dan kadang saya gunakan untuk pakai kamera. Saya menggunakan kamera dengan tujuan untuk merekam aktivitas para siswa.
Nah menurut saya, jika Kakak Guru kerap kali membuka chat atau membuka notifikasi HP ini salah satu kebiasaan buruk yang berhubungan dengan gadget. Kalau pun ada hal urgent, sebaiknya izin dan bisa untuk keluar kelas dulu.

4. Menyuruh Siswa Mengisi Tinta Spidol

Biasanya di kelas pasti ada siswa yang sangat rajin, sangat ramai, sangat diam dan masih banyak lagi karakter siswa lainnya. Hanysa saja biasanya siswa yang ramai yang menjadi perhatian Kakak Guru, iya apa iya?? Dan kemudian kadang kala siswa yang ramai agar tenang diberikan tugas oleh guru seperti mengisi tinta spidol. Nah, Kakak Guru hal ini kurang baik ya jika Kakak Guru pernah tidak sengaja melakukan hal tersebut. 
Kakak Guru pasti tahu ya bahwa spidol adalah salah satu alat tempur kita sebagai seorang guru. Guru yang mempersiapkan dengan baik peralatan tempurnya, akan memberikan suasana pembelajaran yang nyaman. Spidol juga merupakan bagian dari amanah seorang guru. Salah satu tanda guru benar-benar siap untuk mengajar adalah tinta spidolnya sudah terisi lho ya.

5. Tidak Memperhatikan Siswa Ketika Sedang Latihan Soal

Jangan sampai guru sibuk sendiri di mejanya ketika siswa sedang latihan soal. Sebaiknya, keliling kelas datangi siswa yang merasakan kesulitan menjawab soal-soal. Dekati satu persatu, sekaligus amati kemampuannya secara personal. Jangan sampai Anda pasif tanpa mendampingi siswa mengerjakan latihan soal ya. Kita memberikan perhatian yang lebih kepada siswa kita agar mereka merasa nyaman dalam pembelajaran dan tidak sungkan jika ada materi atau soal yang kurang dimengerti.

Alhamdulillah, begitu Kakak Guru untuk artikel kali ini. 
Semoga bermanfaat ya..
:)
Barakallahu fii kum..

Divisi Chlorophyta

Divisi Rhodophyta