Alpukat - Si Hijau yang Manis

Divisi Spermatophyta Dilihat 16205 Orang
Dhince25

26-04-2020 20:04:15

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam berlimpah sebab iklimnya yang tropis. Hal ini membuat ada banyak sekali ragam rempah, sayur, hingga buah-buahan. Salah satu jenis buah yang cukup digemari di Indonesia yang bisa dibilang hampir semua orang menyukainya ia adalah buah alpukat. Buah yang satu ini dikenal kaya manfaat sehingga kerap digunakan sebagai bahan makanan dan minuman hingga menjadi berbagai olahan produk.
 
Alpukat menjadi salah satu buah tropis yang begitu difavoritkan. Ditambah lagi buah ini memang dikenal karena memiliki manfaat besar buat manusia, baik itu dikonsumsi langsung atau dimanfaatkan dalam bentuk lainnya. Pada artikel ddo kali ini, Sahabat akan diajak mengenal lebih dalam mengenai buah alpukat, si hijau lembut dan manis rasanya.

Morfologi Tanaman Alpukat

Tanaman alpukat (Persae americana Mill.) merupakan tanaman yang berasal dari dataran tinggi Amerika tengah dan memiliki banyak varietas yang tersebar di seluruh dunia. Alpukat secara umum terbagi menjadi tiga tipe : tipe West Indian, tipe Guatemalan, dan tipe Mexican. Daging buah berwarna hijau dibagian bawah kulit dan menguning ke arah biji.

Alpukat termasuk tanaman hutan yang tingginya mencapai 20 meter. Bentuk pohonnya seperti kubah sehingga dari jauh tampak menarik. Pohonnya berkayu, umunya percabangan jarang dan arahnya horizontal. Pohonyang memiliki dua jenis akar yaitu akar tunggang dan memiliki akar rambut. Rambut pada akar tanaman alpukat hanya sedikit sehingga pemupukan harus dilakukan dengan benar. Pupuk harus diletakkan sedekat mungkin dengan akar sehingga pupuk ditanam dengan kedalaman 30 – 40 cm disekitar tanaman.

Daunnya panjang (lonjong) dan tersusun seperti pilin. Letaknya berdesakan di ujung ranting, tebal seperti kulit, ujung dan pangkal runcing, tepi kadang agak menggulung ke atas, dengan panjangn 10 – 20 cm dan lebar 3 – 10 cm, daun mudanya berwarna kemerahan dan berambut rapat, daun tuanya berwarna hijau dan gundul.

Bunga alpukat keluar pada ujung cabang atau ranting dalam tangkai panjang. Dengan warna bunga putih kekuningan, dengan diameter 1 – 1,5 cm, berbulu halus dan benang sari dalam 4 karangan, dan setiap bunga akan mekar sebanyak dua kali.

Buah alpukat menurut sahabat bentuknya apa? Kadang sulit mendeskripsikan rupa bentuk buah alpukat ya ๐Ÿ˜Š. Buah alpukat bisa digambarkan bentuknya seperti bola lampu sampai bulat telur. Warna kulit buah bervariasi, warna hijau karena kandungan klorofil atau hitam karena pigmen antosianin. Biji berbentuk bola dan hanya terdapat satu biji dalam 1 buah.

Klasifikasi Alpukat
Kingdom          : Plantae
Divisi               : Spermatophyta
Kelas               : Dicotyledoneae
Ordo                : Ranales
Famili             
: Lauraceae
Genus             : Persae
Spesies           : Persae americana Mill.

Adakah diantara sahabat yang pernah mencoba untuk menanam alpukat di pekarangan rumahnya? Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui syarat agar tanaman alpukat bisa tumbuh dengan baik di lingkungan kita, yaitu :
1.    Tanaman alpukat memerlukan angin dalam proses penyerbukan. Nah coba sahabat perhatikan apakah lingkungan sahabat termasuk banyak angin atau tidak?
2.    Curah hujan lingkungan yang optimal bagi tanaman alpukat adalah lingkungan yang curah hujannya cukup tinggi dengan kisaran 2500 mm/tahun. Alhamdulillah jangan khawatir kalau lingkungan sahabat curah hujannya termasuk kurang ( 2 – 6 bulan kering), tanaman alpukat masih bisa bertahan untuk tumbuh dengan baik dengan syarat kedalaman air tanah maksimal 2 meter.
3.    Cahaya matahari merupakan salah satu faktor penting untuk berlangsungnya tumbuh kembang suatu makhluk hidup terutama untuk tanaman. Untuk tanaman alpukat membutuhkan kisaran 40 – 80 % cahaya matahari.
4.    Suhu yang optimal untuk pertumbuhan tanaman alpukat berkisar antara 12,8 – 28,3 derajat Celcius. Tanaman alpukat bisa di tanam pada dataran rendah maupun dataran tinggi.

Kandungan Buah Alpukat

Nah ini nih yang paling penting, hal yang sadari tadi Sahabat tunggu-tunggu infomasinya, mengenai kandungan buah alpukat. Apa saja kandungan buah alpukat dan apa saja manfaatnya bagi kita semua?
Sahabat yang dirahmati oleh Allah subhanahu wa ta’ala sungguh semua ciptaan Allah subhanahu wa ta’ala memiliki banyak manfaat bagi kita semua. Seperti contohnya buah alpukat yang sedang kita bahas ini, setiap 100 gram daging buah alpukat mengandung kalori sebanyak 239 unit, protein 1,9 gram, lemak 23,5 gram, karbohidrat 3,4 gram, serat 1,8 gram, kalsium 10 miligram, fosfor 38 miligram dan besi 0,6 miligram.

Untuk kandungan vitaminnya antara lain :
•    Kandungan vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata, walaupun hanya sebanyak 7 mikrogram tapi jika dikonsumsi dengan wortel dan sumber vitamin A lain akan berdampak cukup besar.
•    Kandungan vitamin C sebanyak 10 mg dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh juga loh.
•    Vitamin E sebanyak 2,07 mg dapat menjaga kelembaban kulit dari dalam, bisa jadi salah satu faktor pencegah penuaan dini.
•    Vitamin K dalam alpukat 100 gr sebanyak 21mikrogram juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang.
•    Vitamin B1 (Tiamin) dapat meningkatkan nafsu makan, jadi mengkonsumsi Alpukat bagi anak-anak akan dapat menjaga nafsu makan mereka.
•    Vitamin B2 (Riboflavin) dapat mengubah protein, lemak dan karbohidrat menjadi energi. Selain ituu dengan mengkonsum Alpukat juga dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh.
•    Vitamin B3 (Niasin) dapat membantu sistem pencernaan.
•    Vitamin B5 (Panthotenic Acid) juga memiliki fungsi seperti B2, melepas karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi.
•    Vitamin B6 (Pyridoxine) menjaga kadar glukosa dalam darah terutama selama puasa dan berperan terhadap produksi & regenerasi sel darah merah

Nah, kalau sudah tau kandungan vitamin dan nutrisi pada alpukat nih lalu manfaatnya apa ya?


•    Alpukat dapat menjaga berat badan, ini nih yang paling dominan menjadi alasan kenapa para wanita sangat menyukai alpukat, ya nggak Sahabat? Ddo juga suka  ๐Ÿ˜Š
Alpukat tinggi serat, rendah karbohidrat dan dapat mencegah meningkatnya tekanan gula darah. Ketiga faktor ini adalah temannya penurun berat badan.


•    Alpukat bikin kenyang banget!
Alpukat antara hubungannya dengan menurunkan berat badan juga dapat membuat kenyang lebih lama, ini juga alasan untuk menjaga tubuh buat terus-terusan makan berlebihan.

•    Alpukat mencegah resiko Diabetes
Kandungan gula pada lapukat terbilang cukup rendah, dalam 68gr Alpukat terdapat hanya 0,5gr gula yang terkombinasi menjadi Glukosa, Fruktosa dan Laktosa.