Aloe vera Sangat Bermanfaat

Divisi Spermatophyta Dilihat 12843 Orang
Dhince25

16-04-2020 01:14:20

Aloe vera

Sahabat ddo pasti sudah sering dengar ya di facebook, Instagram, beauty vlogger atau influencer mengenai make up dengan bahan aloe vera. Ada yang belum tau tentang aloe vera itu apa? Aloe vera itu tanaman yang seperti apa dan apa saja manfaat dari aloe vera?

Nah, untuk Sahabat ddo jangan sampai melewatkan tuk membaca artikel ini ya karena in syaa Allah sangat bermanfaat bagi kita para wanita yang menginginkan merawat tubuh dan wajah kita menggunakan bahan alami dan pastinya mudah didapatkannya.

Yuk, simak artikelnya ya 😊

Aloe vera atau lebih dikenal dengan sebutan tanaman “Lidah Buaya”. Itu lho Sahabat ddo, tanamannya yang tebal, pinggirannya termodifikasi ada dirinya dan kadang kala dijadikan bahan makanan atau minuman juga lho. Lidah buaya adalah tanaman tropis sukulen yang memiliki bentuk seperti daun berdaging. Daun ini memiliki banyak manfaat baik sebagai obat maupun untuk kosmetik. Sebelum itu kita perlu tau nih Sahabat ddo urutan klasifikasi dari lidah buaya, untuk menambah ilmu pengetahuan kita mengenai ragam jenis makhluk hidup yang ada di alam kita, salah satunya lidah buaya.

Klasifikasi Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya (Aloe vera) merupakan nama sinonim dari spesies Aloe barbadensis miller dengan taksonomi sebagai berikut :

Sinonim               : Aloe barbadensis Mill.

Kingdom             : Plantae
Divisi                  : Spermatophyta
Sub Divisi           : Angiospermae
Kelas                   : Monocotyledoneae
Ordo                    : Liliales
Famili                  : Liliaceae
Genus                  : Aloe
Spesies                : Aloe vera  (L.) Burm.f.
Nama umum       : Lidah Buaya1


Morfologi Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki batang yang berserat dan berkayu. Lidah buaya punya batang? Pasti Sahabat bertanya juga seperti itu, karena kerap kali yang kita lihat adalah bagian hijau yang tebal dan itu bukan seperti batang. Batang lidah buaya umumnya sangat pendek dan tidak terlihat karena tertutupi oleh daun dan terbenam dalam tanah. Tetapi ada juga beberapa spesies yang ketinggiannya mencapai 3 – 5 meter, wow sangat besar bukan Sahabat? Nah lidah buaya yang raksasa ini ditemukan di Afrika Utara dan Amerika. Dari batang lidah buaya ini akan tumbuh tunas yang menjadi anakan atau disebut dengan sucker. Hal ini menambah ilmu pengetahuan kita nih Sahabat mengenai perkembangbiakan lidah buaya yaitu dengan cara tunas. Dan dengan batang lidah buaya kita juga bisa menggunakan cara stek untuk mendapatkan tanaman baru.

Daun lidah buaya kerap kita lihat karena daun merupakan bagian yang sangat penting dan sering dijadikan bahan yang akan kita konsumsi. Daunnya yang berbentuk tombak dengan helaian memanjang, berdaging tebal, tidak bertulang, berwarna hijau keabu-abuan dan mempunyai lapisan lilin dipermukaan serta bersifat sukulen yakni mengandung air, getah atau lender yang mendominasi daun. Bagian atas daun dengan tekstur rata dan bagian bawahnya membulat atau cembung. Pada lidah buaya yang muda ditemukan bercak (bintil) berwarna hijau pucat sampai dengan putih yang hilang setelah dewasa. Sepanjang tepi daun dengan modifikasi gerigi yang berjajar atau duri yang cukup tumpul dan tidak berwarna. Panjang daun dapat mencapai 50 – 75  cm dengan berat 0,5 kg – 1 kg.

Adapun lidah buaya memiliki bunga lho Sahabat ddo, bunganya berbentuk terompet atau tabung kecil sepanjang 2 – 3 cm, berwarna kuning sampai oranye, tersusun sedikit berjuntai melingkari ujung tungkai yang menjulang ke atas sepanjang 50 – 100 cm. Cukup panjang juga ya Sahabat bunga dari lidah buaya. Bunga lidah buaya biasanya muncul bila ditanam di pegunungan. Akar lidah buaya mempunyai system perakaran yang pendek dengan akar serabut yang panjangnya bisa mencapai 30 – 40 cm.


Habitat Lidah Buaya

Habitat lidah buaya terleta di daerah yang memiliki iklim dingin dan kering. Lidah buaya termasuk golongan tanaman yang tahan pada kekeringan. Pada bagian stomatanya akan membuka sehingga uap air dapat masuk karena udaranya dingin. Jika Sahabat ddo menanam lidah buaya pada tempat yang basah dengan kondisi hujan yang cukup sering, hal ini dapat membuat tanaman lidah buaya terserang bakteri fulsarium sp. yang menyerang bagian pangkal batang. Lidah buaya adalah tanaman yang mudah untuk dikembangbiakkan dan dapat dipanen secara berulang. Lidah buaya dapat dipanen sebanyak 4 kali dengan rentang waktu 3 bulan sekali. Tanaman lidah buaya akan terus menghasilkan pelepah daun hingga 7 – 8 tahun. Jadi Sahabat nggak perlu khawatir lagi karena bisa dipanen kapan saja ya 😊.

Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan semua yang ada dimuka bumi kita itu tanpa ada yang sia-sia. Segala sesuatu yang ada di bumi dan seisinya masing-masing memiliki manfaat. Seperti firman Allah subhanahu wa ta’ala pada QS. Asy- Syu’araa ayat 7 yang menganjurkan untuk senantiasa memelihara berbagai macam tumbuh-tumbuhan di bumi.

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya yang kami tumbuhkan di bumi itu berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang baik?
(QS. Asy-Syu’araa : 7)


Kandungan Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai kandungan zat gizi yang diperlukan tubuh dengan cukup lengkap, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B12, C, E, choline, inositol dan asam folat. Kandungan mineralnya antara lain terdiri dari kalsium (Ca), magnesium (Mg), potassium (K), sodium (Na), besi (Fe), zinc (Zn) dan kromium (Cr). Beberapa unsur vitamin dan mineral tersebut dapat berfungsi sebagai pembentuk antioksidan alami, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A, magnesium dan zinc.

Antioksidan bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung dan berbagai macam penyakit degenaratif. Daun lidah buaya yang segar mengandung enzim amilase, katalase, selulase, carboxypeptidase, dan lain-lain.


Manfaat dan Khasiat Lidah Buaya

Hayo tebak ada berapa jumlah manfaat dan khasiat dari lidah buaya??
Banyaaakk sekali lho Sahabat, jadi jangan lewati bagian ini ya 😊
yuk cuss aja kita simak..
Secara umum bagian – bagian dari tanaman lidah buaya yang sering dimanfaatkan adalah :

  • Daun, dapat digunakan langsung, baik secara tradisional atau dalam bentuk ekstra.
  • Eskudat (getah daun yang keluar bila dipotong, berasa pahit dan kental) secara tradisional biasanya digunakan langsung untuk pemeliharaan rambut, penyembuhan luka dan sebagainya.
  • Gel (bagian berlendir yang diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eskudat dikeluarkan), bersifat mendinginkan dan mudah rusak karena oksidasi sehingga membutuhkan proses pengolahan lebih lanjut agar diperoleh gel yang stabil dan tahan lama.
  • Gel lidah buaya mengandung karbohidrat tercerna, sehingga dapat digunakan untuk minuman diet. Gel lidah buaya tersusun oleh 96 % air dan 4 % padatan yang terdiri dari 75 komponen senyawa yang berkhasiat, dan menyumbangkan sejumlah kalori.
  • Lidah buaya berfungsi untuk pembentuk antioksidan alami. Lidah buaya bersifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam lendirnya terkandung zat lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Lender ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya kulit tidak cepat kering dan terlihat awet muda. Eaaa, siapa yang mau tetap terlihat awet muda? Yuk jangan lupa coba rutin konsumsi lidah buaya. 😊
  • Lidah buaya bisa mengatasi bengkak sendi pada lutut, dapat menjadi obat untuk batuk, dan membantu penyembuhan luka luar.
  • Lidah buaya juga mengatasi sembelit atau susah buang air besar karena lendirnya bersifat pahit dan mengandung laktasit, sehingga menjadi obat pencahar yang alami dan baik bagi tubuh kita.
  • Lidah buaya sangat bermanfaat untuk masalah mulut dan gusi, terutama dalam memperbaiki gusi yang memburuk.
  • Menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan, perbaikan dan peremajaan kulit.
  • Setengah sendok jus lidah buaya yang diberikan selama 14 minggu, terbukti mengurangi kadar gula darah sebesar 45 persen.
  • Gel lidah buaya dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang terkena luka bakar, termasuk luka bakar akibat paparan sinar matahari.
  • Lidah buaya dapat membantu dalam mengurangi gatal dan ketombe. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai perawatan rambut sebelum Sahabat melakukan kegiatan keramas.
  • Dan tak lupa lidah buaya bisa diolah menjadi produk makanan dan minuman lho Sahabat ddo, berupa sejenis jeli, sejenis jus, nata de aloe, dawet, dodol, selai dan lainnya. Makanan dan minuman hasil olahan lidah buaya sangat berpotensi untuk menjaga dan menunjang kesehatan kita.

Bagaimana Sahabat ddo? Sangat bermanfaatkan tanaman lidah buaya yang selama ini mungkin kita tahu manfaatnya dari produk-produk kosmetik saja, dan ternyata sangat banyak dan bisa diolah menjadi banyak bahan (makanan, minuman dan obat).

Namun perlu diingat, tidak semua orang cocok dengan lidah buaya. Jika muncul ruam kemerahan, gatal, atau perih pada kulit setelah diolesi lidah buaya, kemungkinan kamu mengalami iritasi atau alergi. Segera bilas dan hentikan penggunaan produk. Bila perlu, berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan dan saran penggunaan lidah buaya yang aman.

Jangan lupa yuk hiasi pekarangan kita atau teras kita dengan tanaman lidah buaya. 😊 semoga bermanfaat, Barakallahu fii kum..

Footnote : 1. Badan POM RI – Direktorat Obat Ali Indonesia 2008